Skip to main content

Cara Bikin Gepuk yang Enak dan Empuk

Gepuk Daging Sapi merupakan salah satu makanan khas sunda jawa barat, Indonesia. Makanan ini dikenal memiliki ciri khas rasa tersendiri, yaitu gurih dan manis. Gepuk ini dibilang salah satu makanan pendamping favorit masyarakat orang sunda, jika dihidangkan bersama nasi timbel dan sambal cocol, BEUUH pasti bikin kamu pengen nambah lagi.

Jika kamu sengaja akan datang ke restaurant atau rumah makan sunda yang ada di pinggir jalan. Untuk mencicipi makanan khs sunda ini, Gepuk Daging Sapi tentu kamu perlu menyiapkan biaya yang cukup. Sebab menu makanan satu ini dibandrol cukup mahal, berbeda di warung-warung penduduk asli sunda masih bisa terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah.

Cara bikin gepuk yang enak dan empuk itu tidak mudah, perlu keahlian dalam memasak. Namun jangan khawatir, kamu bisa ikuti cara yang ada di artikel ini yang sudah teruji. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Baik, kita langsung pada hal-hal apa saja yang harus diperlukan dan dilakukan.

Berikut ini adalah cara membuat Gepuk Daging Sapi yang enak dan empuk,

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Gepuk Daging Sapi:

  • 1/2 daging sapi
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar (sangrai)
  • 1/2 sdt merica
  • 2 asem jawa
  • 1/4 biji pala
  • 1 saset santan instan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 batang serai
  • 3 cm/ 100 g lengkuas
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm kaldu sapi
  • 50 g gula merah
  • 3 sdm gula pasir

Cara membuat Gepuk Daging Sapi:

  1. Lakukan dua kali perebusan pada daging, pertama 20' (buang air rebuasannya) dan kedua 30' (simpan air sisa rebusannya). Agar hasil rebusan maksimal untuk takaran jumlah air dalam panci bisa anda sesuaikan sendiri.
  2. Setelah selesai tahap perebusan, potong daging mengikuti serat (tidak asal potong yah). Ingat harus mengikuti serat dan ini sifatnya harus tanpa ada pengecualian.
  3. Selanjutnya potongan-potongan daging sapi tersebut diumbuk sampai teksturnya lentur. Anda bisa menggunakan ulekan biasa dipake bikin sambal.
  4. Perlu diperhatikan, pada saat penumbukan pastikan jangan terlalu semangat atau terjadinya tumbukan keras. Jika demikian tekstur daging akan hancur jadi abon.
  5. Parut lengkuas, Sudah belum? Jika belum. Silakan parut dulu, saran dari saya kalau mau cepet pake blender selesai gak nunggu lama.
  6. Haluskan (jahe, ketumbar, pala, kemiri, bawang merah, bawang putih, merica) tambahkan sedikit air. Mau pake cara manual atau praktis bebas. Cara manual berarti pake ulekan sedang praktis pake blender. Pasti kamu lebih memilih pake blender yakan? Pengalaman.
  7. Baik, Selanjutnya masukkan semua bumbu halus, air 500 mL, dading sapi, santan, gula pasir, gula merah, asam jawa, daun salam, batang serai, garam, kaldu sapi bubuk. Aduk hingga menyusut. Pada tahap ini biasa orang tidak sabar, niatnya mau cepet ternyata bisa jadi gosong karena apinya terlalu besar. Perlu diingat, gunakan api kecil atau sedang.
  8. Setelah bumbu menyusut dan terlihat bersatu dengan daging, biarkan beberapa menit lalu goreng dengan menggunakan api kecil. Tidak usah lama-lama. Karena kalo lama daging akan mengeras dan yang perlu anda lakukan adalah menggorengnya hingga berwarna coklat keemasan.

Tips memilih daging sebelum membuat Gepuk Daging Sapi

SEBELUM membuat Gepuk Daging Sapi, belilah daging sapi yang masih segar bagian paha tanpa ada serat. Jika daging yang dibeli masih banyak seratnya, silakan bersihkan terlebih dahulu hingga benar-benar tidak ada seratnya.

Demikianlah postingan mengenai cara bikin Gepuk Daging Sapi yang enak dan empuk. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi anda yang akan membuat makanan favorit masyarakat sunda ini. Terima kasih dan baca juga postingan artikel lainnya hanya di masak.blogmomandbaby.com

Berbagi itu peduli:

Tambahkan aplikasi BLOG SUARNA di smartphone tanpa install, buka BLOG SUARNA dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon di browser kemudian pilih "Tambahkan ke Layar Utama". Selanjutnya klik ikon BLOG SUARNA dari layar utama smartphone Anda.

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar