Skip to main content

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih | RESEP 100% ASLI BONSIR

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih | RESEP 100% ASLI BONSIR

Nasi goreng kambing kebon sirih - Salah satu kuliner yang ada di Indonesia ini membuat para pencinta makanan penasaran ingin mencobanya, ya termasuk saya sendiri kalau sudah melihat video nasi goreng kambing kebon sirih ini serasa ingin ngacai atau ngiler.

Memang pada umumnya membuat nasi goreng itu hanya cukup dengan nasi, telur, kecap, dan sedikit tambahan garam, namun kali ini masakan nasi goreng dibuat istimewa bahkan super nikmat. Mungkin kalau dibilang sulthannya nasi goreng atau rajanya nasi goreng, hehehe terlalu berlebihan.

Sebelum pada resep yang saya bagikan, sedikit informasi mengenai harga nasi goreng kambing kebon sirih, ya mungkin barang kali anda ingin berkuliner ketempat masaknya langsung.

Makanan kuliner satu ini termasuk banyak cabangnya, terutama yang saya tahu di Jakarta dan Tangerang, selain itu kuliner makanan nasgor bonsir ini juga diperkirakan ada sejak tahun 1958, Nah kira-kira kalian udah lahir belum tuh, yang jelas saya juga belum lahir.

Biar tidak penasaran bahwa harga nasi goreng kambing kebon sirih ini per porsinya dijual dengan harga Rp50.000.00; dan sangking banyaknya penggemar kuliner ini membuat kalian harus ngantri berjam-jam.

Resep Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Bagi kalian yang penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah, bisa dengan menggunakan cara yang sudah saya coba, soal rasa tidak jauh berbeda dengan yang ada di tempat kulineran nasgor bonsir.

Bahan-bahan

Bahan dan Takaran
Bawang merah Bawang putih
Cabe keriting Jahe
Lengkuas 1 sdt. Lada
1 sdm. Ketumbar 1 sdm. Jinten
Kunyit Kecap manis
Daging kambing Gula dan garam secukupnya
Garam masala Minyak goreng
Garam dapur sesuai selera Nasi kering

Cara Membuat

» Ambil masing-masing 7, bawang merah dan bawang putih lalu haluskan.

» Cuci bersih cabe merah keriting dan haluskan, pada bagian ini anda bisa membuang biji cabe atau tidak sesuai dengan selera anda.

» Haluskan kunyit, jahe, dan lengkuas dengan mesin blender atau lainnya.

» Bumbu kering yang dihaluskan seperti lada, ketumbar, dan jinten, pada langkah ini juga anda tidak perlu menghaluskan dengan cobek jika memiliki bumbu bubuknya seperti lada bubuk atau ketumbar bubuk.

» Kemudian Cuci bersih daging kambing dan potong berbentuk dadu sesuai selera, jangan lupa gaji yang menempel pada daging untuk tidak dimasukan pada saat masak.

» Siapkan minyak goreng sebanyak 3 sdm., lalu masukkan bawang merah dan bawang putih tumis hingga harum, setelah itu masukkan bumbu lainnya seperti cabe merah yang sudah dihaluskan, dll., untuk garam dan gula diakhir saja sedangkan garam masala sebagai tambahan saja jika ada.

» Setelah bumbu terasa haruh dn terlihat berbeda dengan sebelumnya, selanjutnya angkat bumbu yang sudang dibuat tadi, pisahkan terlebih dahulu jangan sampai langsung dicampur dengan daging kambing.

» Sementara itu, goreng daging kambing sang sudah dipotong berbentuk dadu sampai berwarna keputihan dan matang, setelah itu angkan dan tiriskan.

» Pada tahap terakhir, panaskan 3 sdm., minyak goreng dan masukkan daging kambing dan bumbu yang sudah dimasak lalu aduk hingga merata dan bersatu dengan dengan bumbu, setelah 1 menit campurkan nasi kedalamnya, perlu diingat nasi tidak boleh terlalu lembek seberti bubur, jadi yang dimaksud adalah nasi yang agak sedikit kering.

» Selanjutnya kalian tinggal menambahkan gula dan garam sesuai selera anda, jangan lupa untuk tes rasa, juka sudah enak, maka nasi goreng kambing kebon sirih pun siap untuk disajikan.

» Sebagai topingnya anda bisa menggoreng telor mata sapi, acar, dan kerupuk emping. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.


Video Cara Masak Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nah, berikut ini adalah video cara masak atau tutorial mengenai bagaimana membuat nasi goreng bonser yang diambil dari channel Chef Salimoz. Semoga bermanfaat,

youtube image

Demikianlah postingan artikel mengenai bagaimana cara membuat nasi goreng kambing kebon sirih atau yang dikenal dengan resep bonsir, selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar