Skip to main content

Kumpulan Resep Istimewa Rendang Asli Padang

Kumpulan resep istimewa rendang asli padang - Rendang adalah makanan khas yang berasal dari minangkabau, Indonesia. Makanan ini dikenal sebagai makanan yang diolah dengan berbagai jenis bahan rempah-rempah asli minang.

Rendang juga salah satu jenis makanan yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga masakan ini masuk kedalam daftar menu terfavorit sepanjang masa bagi penikmatnya.

Makanan yang banyak digemari ini dapat dihidangkan untuk keluarga anda, terlebih lagi jika dihidangkan pada hari-hari besar, tentu terasa lengkap sudah dan membuat orang padang mengatakan "Tambuah ciek!".

Berikut ini kumpulan resep istimewa rendang asli padang yang pernah saya coba dan pasti bikin kamu ketagihan.

Rendang Asli Padang Rasa Pedas

Rendang Asli Padang Rasa Pedas

Cara membuat resep istimewa rendang asli padang rasa pedas bukanlah hal yang sangat mudah. Sebab membuat rendang tersebut membutuhkan perkiraan yang mantap sehingga rasanya pas dan nikmat saat dikonsumsi.

Pada bagian kali ini, saya akan berbagi resep masakan padang asli yang pernah saya coba sebelumnya untuk dihidangkan bersama makanan pokok seperti nasi, lontong, dan makanan pokok lainnya.

Makanan ini patut dicoba terlebih lagi jika anda penyuka rasa pedas. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Silakan simak baik-baik artikelnya. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat rendang asli padang rasa pedas.

Bahan-bahan

Bahan dan Takaran
Daging sapi bagian paha 3 kg Cabe keriting segar 300 grm
Cabe keriting agak layu 300 grm Bawang merah 250 grm
Bawang putih 150 grm 3 batang serai
Jahe 2 cm Kemiri sangrai 5 butir
Kelapa parut ukuran sedang (serundeng dan tumbuk) 5 biji kapulaga
1 sdm. Jintan 1 sdm. Lada bubuk
2 sdm. Ketumbar 2 helai daun kunyit
3 helai daun salam Lengkuas 3 cm (tumbuk/ memarkan)
1/2 biji pala ukuran besar 5 lembar daun jeruk angka 8
3 kulit manis 4 Ltr santan dari 4 butir kelapa

Cara Membuat

» Sebelum membuat resep rendang asli padang. Silakan potong daging sapi sesuai selera anda kemudian cuci hingga bersih dan tempatkan di atas wadah saringan.

» Cuci cabe keriting merah dengan air bersih kemudian haluskan. Untuk hasil yang maksimal gunakan blender dengan sedikit menambahkan air santan (halus 1).

» Ambil bawang merah dan bawang putih yang sudah dibersihkan kemudian haluskan dengan menggunakan pisau sampai berukuran kecil (halus 2).

» Setelah itu, siapkan batang serai, jahe, kemiri sangrai. semuanya potong kasar, masukkan kedalam blender dan tambahkan 5 sdm. kemudian haluskan hingga benar-benar berbuih (halus 3).

» Selanjutnya kita akan membuat bahan halus kering. Siapkan kapulaga, jintan, lada bubuk, dan ketumbar kemudian haluskan dengan cobek atau blander khusus bumbu kering (halus 4).

» Selanjutnya siapkan parutan satu butir kelapa tua, sangrai sampai berwarna kecoklatan kemudian haluskan dengan cobek sampai benar-benar keluar minyaknya (halus 5). Hal ini bertujuan agar rasa rendang asli padang tidak hilang.

» Selanjutnya panaskan 7 sdm. minyak goreng yang masih bersih. Tumis bawang merah sampai terasa harumnya.

» Setelah itu, masukan bawang putih, tumis hingga harum. Kemudian masukkan cabai merah, tumis sampai merata dengan bahan lainnya.

» Kemudian masukkan bumbu halus 3 dan halus 4 dan jangan lupa untuk menambahkan biji pala, kayu manis, daun salam, daun serai, lengkuas, dan daun jeruk. Aduk sampai merata dan masukkan daging sapi kedalamnya.

» Setelah daging tercampur dengan bumbu. Selanjutnya masukkan 4 Liter santan segar. Jangan lupa untuk memasukkan bumbu halus 5, yaitu kelapa serundeng yang dibuat halus.

» Terakhir tambahkan 3 sdm. garam dapur (sesuaikan dengan selera anda) dan aduk sampai benar-benar surut.

» Setelah surut, Rendang asli padang pun siap untuk dihidangkan. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Perlu Diperhatikan dalam Membuat Resep Rendang Asli

Rendang asli padang tidak ditambahkan dengan bumbu lainnya. Jika anda menambahkan penyedap lain seperti MSG, Gula, dan diluar daripada bahan-bahan di atas, maka rasa rendang aslinya tidak asli lagi dan bukan menjadi resep istimewa rendang asli padang lagi.

Selain itu, proses pengadukan tidak boleh berhenti (No Break). Artinya, aduk terus dampai surut airnya. Kemudian gunakan api sedang agar memperoleh hasil yang sempurna.

Rendang Asli Padang Rasa Pedas

Selama peroses pemasakan hingga selesai itu memerlukan waktu 4 sampai 5 jam. Tergantung banyaknya air santan. Artinya semakin banyak air santan yang diperlukan untuk memasak rendang, maka memerlukan waktu yang banyak juga.

Rendang Asli Padang Rasa Pedas

Tips Membuat Rendang Asli Padang

Sedikit tips buat anda dalam membuat resep istimewa rendang asli padang, yaitu sebagai berikut.

  • Pilih daging sapi yang berwarna merah segar.
  • Pilih kelapa tua. Biasanya ditandai dengan warna coklat mendekati hitam dan bukan warna putih.
  • Gunakan alat pengaduk panjang untuk menghindari cipratan bumbu rendang pada proses akhir.
  • Sesuaikan alat masak dengan kebutuhan resep rendang.
  • Jangan menambahkan minyak secara berlebihan juga bahan penyedap lainnya. Karena membuat rendang asli padang itu tidak dicampur dengan bahan-bahan selain yang ada di atas.

Video Cara Membuat Rendang Asli Padang Rasa Pedas

youtube image
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar