Skip to main content

Kepala Ayam Bumbu Semur Serundeng Gurih | Resep Masakan Sederhana

Kepala Ayam Bumbu Semur Serundeng Gurih - Serundeng merupakan makanan khas daerah yang berasal dari orang sunda jawa barat. Serundeng ini dapat diolah menjadi bahan pelengkap makanan lainnya.

Kita juga dapat membuat olahan makanan dari bubu serundeng dan itu cukup mudah untuk membuatnya. Selain membuat makanan menjadi gurih, dapat juga menjadikan makanan tidak cepat basi.

Pada postingan artikel kali ini, saya akan sedikit berbagi mengenai bagaimana cara memasak kepala ayam dengan menggunakan bumbu semur serundeng. Semur serundeng resep ini untuk rasa sudah pasti enak dan lezat.

Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa menu masakan ini dapat dijadikan sebagai menu makanan utama kita sehari-hari dan sangat cocok jika disajikan pada saat makan pagi dan sore.

Bahan-bahan

Bahan dan Takaran
Kepala ayam 1 kg Daun salam 5 lembar
Gula aren satu sendok makan Kecap kental manis 3 sendok makan
Cabe merah 3 buah Satu sendok makan garam dapur
Jahe dua buku jari tangan orang dewasa Kunyit dua buku jari tangan orang dewasa
Laos tiga buku jari tangan orang dewasa Bawang putih 2 butir
Bawang merah 4 butir 250 mL air santan kelapa parut
500 gram kelapa parut Minyak goreng sebanyak 3 sendok makan

Cara Membuat

» Siapkan alat dan bahan. Pastikan alat masak yang akan digunakan dalam kondisi bersih atau tidak bekas digunakan.

» Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, laos, kunyit, cabe merah, dan garam dapur secara merata.

» Siapkan 500 gram kelapa parut dan berikan air sebanyak 250 mL. Kemudian diamkan selama 3 menit.

» Saring parutan kelapa dan ambil airnya sebagai santan segar.

» Masukkan kepala ayam yang sudah dibersihkan kedalam panci presto. Diamkan selama 10 menit, jika sebelumnya tidak disimpan di freezer/ kulkas. Diamkan selama 15 menit, jika kepala ayam sebelumnya disimpan didalam freezer/ kulkas.

» Sementara itu, sambil menunggu. Panaskan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam wajan yang sudah berisi minyak goreng. Pastikan bumbu sudah terasa harum.

» Masukkan air santan. Tambahkan sedikit gula aren dan kecap kental manis serta masukkan daun salam segar. Panaskan selama 5 menit dan pastikan api tidak terlalu besar.

» Siapkan kepala ayam yang sudah dipresto. Kemudian masukkan kedalam wajan serta aduk sampai merata. Ingat, pastikan api tidak terlalu besar.

» Setelah diaduk sampai merata. Diamkan selama 10 menit, sampai bumbu menyerap pada kepala ayam. Jika warnanya sudah berubah kecoklatan. Silakan untuk disimpan pada wadah yang besar.

» Selanjutnya buatkan kelapa parun menjadi serundeng gurih. Pastikan api tidak terlalu besar, aduk merata samapi warnanya berubah menjadi kecoklatan.

» Taburkan serundeng guring di atas sajian kepala ayam. Setelah itu sajikan.

Demikianlah menu resep sederhana dan cara membuat kepala ayam bumbu semur serundeng gurih. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Tambahkan aplikasi BLOG SUARNA di smartphone tanpa install, buka BLOG SUARNA dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon di browser kemudian pilih "Tambahkan ke Layar Utama". Selanjutnya klik ikon BLOG SUARNA dari layar utama smartphone Anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar