Skip to main content

Bubur Kacang Gula Aren Kuah Santan dengan Toping Ketan Hitam | Resep Masakan Sederhana

Bubur kacang merupakan makanan khas Indonesia. Bubur kacang ini biasa dijual dipinggir jalan dengan harga 10 ribu per porsinya. Cukup murah dan dapat menghangatkan badan, apalagi kalau dikonsumsi pada saat cuaca dingin rasanya tambah nikmat.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi menu resep masak tentang cara membuat bubur kacang sesuai dengan judul artikel ini. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin membuat bubur kacang ala chef Dedi. Baca dengan seksama dan silakan ikuti langkah-langkah cara membuatnya sebagai berikut.

Bahan-bahan

BAHAN YANG DIBUTUHKAN
Satu gelas kacang hijau Satu gula aren asli
1/2 sendok teh garam dapur 1/2 butir kelapa
Jahe yang sudah dimemarkan Air bersih 10 x 250 mL
Gula pasir asli (Gulaku) Air matang 2 gelas
Satu gelas beras ketan hitam (3 gelas air 250 mL)

Cara Membuat

» Siapkan alat dan bahan. Pastikan alat masak yang akan digunakan dalam kondisi bersih tidak bekas dipakai.

» Cuci bersih kacang hijau dan rendam selama 15 menit. Kemudian masukkan kacang hijau kedalam panci presto beserta jahe, garam, gula aren. (Sebelumnya air didalam panci sudah terisi sebanyak 10 gelas.

» Pastikan waktu untuk mempreato 25 menit terhitung mulai dari bunyi uap yang keluar dari panci presto. Sambil menunggu waktu masak kacang hijau yang sudah ditentukan. Silakan untuk membuat air santan kelapa. Parut kelapa secara menyeluruh kemudian tambahkan 2 gelas air yang sudah matang.

» Hangatkan air santan dan tambahkan gula pasir (Gulaku) sebanyak 3 sendok makan. Ingat, pastikan api tidak terlalu besar. Jika api terlalu besar, maka akan terjadi penggumpalan pada santan. Oleh karena itu sobat hanya cukup menghangatkan saja tidak sampai mendidih.

» Kemudian tahap selanjutnya adalah membuat beras ketan hitam, yaitu sebagai toping dari bubur kacang tersebut. Untuk takarannya 1 gelas (250 mL) dengan air 3 x 250 mL air. Ingat pastikan api tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil.

» Bubur kacang hijau gula aren kuah santan dengan toping ketan hitam sudah siap dihidangkan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan. Selamat mencoba dan semoga artikel resep masak ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Berbagi itu peduli:

Tambahkan aplikasi BLOG SUARNA di smartphone tanpa install, buka BLOG SUARNA dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon di browser kemudian pilih "Tambahkan ke Layar Utama". Selanjutnya klik ikon BLOG SUARNA dari layar utama smartphone Anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar